Tips Berpuasa Bagi Penderita Sakit Maag.

Bookmark and Share
Tips Berpuasa Bagi Penderita Sakit Maag.
Tips Berpuasa Bagi Penderita Sakit Maag.
Tips Makan untuk Penderita Sakit Maag saat Berpuasa.
Berbagai makanan dan minuman yang harus diperhatikan oleh penderita sakit maag selama bulan Ramadhan, antara lain:

1. Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran (kol, sawi), buah-buahan ( nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (minuman bersoda).
2. Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol 5-20 %, anggur putih, dan sari buah sitrus.
3. Hindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung.
Hal ini menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung seperti makanan berlemak, cokelat, keju.
4. Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica, dan bumbu yang merangsang.
5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan.

Sumber: dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD, KGEH, MMB

Umumnya penderita sakit maag dapat berpuasa terutama jika sakit maagnya hanya gangguan fungsional. Obat anti asam lambung seperti penghambat reseptor H2 antara lain ranitidin, famotidin, nizatidin dapat diberikan pada saat sahur dan berbuka untuk mengontrol asam lambung selama berpuasa sehingga keluhan yang timbul saat berpuasa terutama saat perut sudah kosong (6-8 jam setelah makan terakhir) dapat dikurangi.

Namun Untuk penderita Maag Akut dengan kelainan organik khususnya pada penderita tukak lambung atau usus 12 jari akut dan keadaan tukaknya cenderung menyebabkan terjadinya pendarahan atau kanker lambung yang juga selalu berdarah, tidak memungkinkan melaksanakan puasa.
Jadi lebih baik sobat berkonsultasi dengan dokter jika sobat mempuanyai riwayat kesehatan yang kurang bagus saat akan menjalani Ibadah Puasa Ramadhan.

Semoga kita diberi kekuatan, dalam menjalani Puasa tahun ini AMIEN.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment