Tips Menjaga Kesehatan Mata.

Bookmark and Share
Tips Menjaga Kesehatan Mata.

Secara umum fungsi mata adalah sebagai indera penglihatan yang menerima rangsangan cahaya pada retina dengan perantaraan serabut-serabut Nervus Optikus, menghantarkan rangsangan ini ke pusat penglihatan pada otak untuk ditafsirkan.

Bukan rahasia lagi memang vitamin A merupakan faktor penting bagi keadaan mata kita. Seperti yang selalu dianjurkan orang tua kita untuk banyak mengkonsumsi wortel yang terkenal dengan kandungan vitamin A-nya. Karena kekurangan vitamin A dapat menimbulkan beragam gangguan mata, salah satunya rabun senja. “Vitamin A memberikan energi dan menjamin regenerasi sel lebih baik,''.

Namun vitamin A bukanlah jawaban bagi penderita rabun jauh (minus) atau rabun dekat (plus) untuk dapat sembuh, seperti mitos yang banyak tersebar di masyarakat.
Kekurangan Vitamin A juga bukan penyebab timbulnya kelainan kemampuan melihat tersebut, yakni rabun jauh dan rabun dekat.Kelainan rabun dekat atau pun jauh, diakibatkan karena kelainan anatomi mata, atau pada genetik.

Tips untuk menjaga Mata Sehat secara fisik maka:
2 . Bagi Anda yang menggunakan contact lens , jaga kebersihannya untuk menghindari iritasi
3 . Hindari trauma pada mata, seperti contohnya hindari tempat yang terlalu berdebu atau gunakan pelindung mata jika pergi ke tempat yang berdebu.
4 . Jaga nutrisi atau asupan makanan sehingga dapat menjamin regenerasi sel dengan baik.
5 . Jangan lupa untuk melakukan screening secara rutin, untuk anak-anak selama 6 bulan sekali, sedangkan untuk usia senja minimal memeriksakan keadaan mata 1 tahun-2 tahun sekali.


1. Jika di luar ruangan, kita bisa memakai kacamata hitam dan topi
agar mata kita terlindung dari sinar matahari.
2. Selain wortel, masih banyak lagi makanan yang baik untuk mata.Seperti mangga yang mengandung betakaroten serta vitamin C dan E atau ikan laut yang merupakan suber decosahexaenoid (DHA) yang berperan penting untuk kesehatan mata.
3. Pastikan tangan kita bersih. Biasakan mencuci tangan sebelum menyentuh mata. Infeksi pada mata dapat dimulai dengan tangan yang tidak bersih. Gunakan saputangan yang bersih atau tissu
untuk membersihkan mata.
4. Jangan membaca buku sambil tidur-tiduran karena itu menyebabkan mata cepatlelah.
5. Ketika menonton TV, sebaiknya jarak antara mata ke TV adalah 5 x Panjang Diagonal Layar. Contohnya, untuk TV 14 inch, jarak amannya adalah sekitar 1.75 meter. Untuk 20 inch, sekitar 2.5 meter dan seterusnya.
6. Melakukan senam mata sederhana seperti mata berkedip untuk meringankan stres. Berkedip membantu melumasi mata. Cobalah untuk menutup mata selama sekitar 5 menit untuk menjadi rileks dan mengurangi ketegangan mata. Melihat sesuatu yang hijau akan sangat baik untuk mata.
7. Setelah istirahat yang cukup, cuci mata kita dengan air dingin untuk mengurangi ketegangan mata.
8. Seperti halnya gigi, mata pun berhak mendapatkan pemeriksaan berkala. Periksakan mata kita ke dokter mata paling tidak 6 bulan sekali.

Mata merupaka salah satu anugrah yang tak ternilai dari yang maha kuasa.Oleh karena itu kita senantiasa menjaganya.tips untuk menjaga mata sehat.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment