Tips Membersihkan Peralatan Dapur Dengan Baking Soda.

Bookmark and Share
Membersihkan peralatan Dapur merupakan tantangan tersendiri bagi para ibu rumah tangga,apalagi jika peralatan tersebut banyak noda membandel. Namun sebenarnya ada Tips jitu yang patut di coba, bahan cukup praktis dan mudah di temukan. Yaitu menggunakan Baking soda.

Bahan dapur ini punya banyak manfaat terutama untuk membersihkan kotoran dan noda pada peralatan dapur.
Bagaimana cara kerjanya? Simak tips berikut ini.

- Membersihkan Panci dari Minyak dan Sisa Makanan yang Lengket
tuangkan air panas ke dalam panci lalu tuangkan sedikit baking soda. Diamkan lebih kurang satu jam kemudian gosok menggunakan spons.

- Mengangkat Kerak Nasi atau Sisa Makanan yang Mengeras di Dasar Panci
Didihkan air dan baking soda di dalam panci tersebut hingga kerak nasi dan sisa makanan terangkat. Setelah kotoran lepas, biarkan hingga dingin lalu bersihkan dengan lap dan sabun cuci.

- Membersihkan Lapisan Dalam Peralatan Masak
Lapisan dalam di peralatan masak mudah rusak atau terkelupas jika terkena deterjen. Baking soda lebih aman digunakan untuk membersihkannya.Oleskan lapisan dalam panci, wajan atau peralatan lainnya dengan pasta baking soda. Diamkan selama satu jam, lalu bersihkan dengan sabut sintetis dan bilas.

- Membersihkan Noda dari Panci Anti Lengket
Didihkan satu cangkir air, dua sendok makan baking soda dan 1/2 cangkir cairan pemutih di dalam panci selama beberapa menit. Kemudian cuci wajan atau panci seperti biasa.

- Membersihkan Oven dan Kompor
Untuk membersihkan oven dan kompor,Anda buat dulu pembersih dari baking soda dengan bahan-bahan berikut:
- 1 sendok teh baking soda
- 2 sendok teh cuka atau air jeruk lemon
- 1/4 sendok teh cairan pencuci piring
- 2 cangkir air panas
Campur semua bahan tersebut dan simpan di botol penyemprot. Pastikan Anda memakai sarung tangan saat mencampurnya untuk menghindari kulit teriritasi. Selain untuk membersihkan kompor dan oven, cairan ini juga bisa digunakan untuk peralatan dapur lainnya.
Semprotkan cairan baking soda ke bagian kompor atau oven yang bernoda, lalu gosok menggunakan sikat gigi bekas. Kemudian bersihkan dengan lap kering setelahnya.

Nah silahkan dipraktekan, semoga akan ada banyak waktu dan biaya yang bisa dihemat setelah menggunakan Tips ini,.. Sampai Jumpa di Ciungtips update setiap hari ^_^

Dikutip dari detik wollipop.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment