Siapakah Perompak Somalia ??

Bookmark and Share

Siapa sih Perompak somalia?? Apakah dipimpin oleh seorang yang tangan nya berbentuk kait,kaki nya dari kayu dan di temani burung kakak tua?? Hehehe itu bajak laut versi Sponge bob kali ... Atau d pimpin oleh ''si Topi Jerami''?? Ada si usop,?? Ups itu bajak laut nya ''one piece''. oke-oke kita serius kita kupas ''Perompak Somalia''

Sebelumnya dimana kah somalia??? Somalia terletak di teluk Aden,berbatasan dengan Ethiopia,Kenya dan tentu saja perairan pantai teluk aden,Perairan Somalia sepanjang 3330 Km membentang dari perbatasan Kismayo dan Kenya sampai perbatasan Djibouti di Teluk Aden. Panjang areal perairan Somalia yang adalah 2000 mil laut dengan lebar 380 mil dari bibir pantai daratan Somalia.Selain itu, di pintu masuk Teluk Aden, terdapat daerah super rawan dengan panjang 640 mil dengan lebar rata-rata 50 mil.

Perompak Somalia muncul akibat dari pertikaian dan perang saudara bekepanjangan di Somalia, perang saudara membuat pemerintah somalia tidak mampu mengontrol wilayah pantai mereka yang luas. Disaat yang sama muncul para pencuri ikan yang mencuri kekayaan bahari mereka,para nelayan semakin geram karena wilayah pantai mereka pun dijadikan tempat sampah ''limbah-limbah berbahaya di buang di lepas pantai mereka'' . Pertama mereka melakukan protest kepada Kapal-kapal yang lewat lama kelamaan mereka semakin sering melakukan aksi dan menjadikan 'perompakan sebagai mata pencaharian mereka'' . Secara umum berdasarkan laporan Asosiasi East African Seafarers memperkirakan, ada setidaknya 5 (lima) geng bajak laut dan total anggotanya seribu orang bersenjata. Akan tetapi menurut laporan BBC ada 3 (Tiga) besar kelompok yang mengorganisir SDM
perompak Somalia yaitu :
* Dari kalangan nelayan Somalia.
* Dari kalangan mantan milisi rezim Siad Berre yang memerintah Somalia tahun 1964- 1991. Terutama adalah anggota seniornya yang berusia di atas 35 tahun.
* Dari kalangan para teknisi yang menguasai teknologi informasi dan kelautan.

Dari ke tiga unsur kelompok (SDM) di atas terdapat kurang lebih 1100 orang perompak yang memiliki peralatan untuk menyerang,seperti RPG-7 peluncur granat terbaik saat ini, Pistol semi otomatis dan Senapan Mesin. (AP, 2 Desember 2010)

Pejabat Interpol itu menjelaskan bahwa pembajak laut Somalia sebenarnya hanya mendapatkan sebagian kecil dari uang tebusan. Rata-rata, setiap dua juta dollar yang mereka dapatkan sebagai uang tebusan, hanya 10.000 dollar yang masuk ke kantong mereka. Sisanya, masuk ke kantong sindikat kriminal. Setengah juta dollar akan diambil oleh orang yang menghantarkan tebusan (biasanya diantarkan dengan helikopter yang mendarat di atas kapal yang dibajak), dan setengah juta dollar lagi diambil oleh negosiator.

Dengan tegas Palmer menyatakan, "Ini adalah sebuah industri besar. Besar sekali uang yang bisa dihasilkan dari pembajakan. Tetapi, para pembajak itu sendiri, banyak di antara mereka adalah remaja miskin, hanya mendapat sebagian kecil saja dari uang itu."

Di yakini orang-orang Somalia hanyalah wayang dari gangster-gangster kelas kakap yang ada di balik layar,... So salahkah mereka merompak??

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment