Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Bookmark and Share
disabilitas dan pandangan masyarakat
Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Sebelum nya kita harus tau apakah difabel itu??
Istilah Difabel atau disabilitas berasal dari bahasa Inggris dengan asal kata different ability. Yang berarti manusia yang memiliki kemampuan yang berbeda. Istilah tersebut digunakan sebagai pengganti istilah penyandang cacat yang mempunyai nilai rasa negative dan terkesan diskriminatif. Istilah difabel didasarkan pada realita bahwa setiap manusia diciptakan berbeda. Sehingga yang ada sebenarnya hanyalah sebuah perbedaan bukan kecacatan ataupun ke’abnormal’an.(*novialetntina.blogspot.com)

Adapun Difabel atau penyandang disabilitas adalah orang yang mengalami gangguan melakukan aktivitas secara selayaknya baik gangguan fisik maupun mental baik sejak lahir maupun disebabkan oleh sakit,bencana alam,maupun kecelakaan.

Dsabilitas dan Pandangan masyarakat


Untuk saat ini diakui memang Masyarakat seolah masih menganggap Difabel adalah seorang yang tidak bisa apa-apa, contohnya seperti di dunia kerja masih sangat sulit untuk menerima tenaga kerja seorang difabel, kita lihat saja dalam setiap rekruitmen karyawan baru kualifikasi fisik adalah salah satu point utama. Keadaan ini secara tidak langsung membangun opini masyarakat bahwa seorang difabel tidaklah mampu bekerja dan hanya menggantungkan hidupnya kepada orang lain.

Padahal sebenarnya seorang difabel jika dipupuk mempunyai jiwa kewirausahaan dan keahlian di bidang tertentu mereka akan mampu berbuat banyak. mereka mampu menghidupi dirinya sendiri dan jauh lebih berhasil lagi dia akan mampu memberi penghidupan bagi orang lain. difabel sejatinya dapat berkarya dan berprestasi, tengok saja tokoh ''bapak'' Sidik yang penjual kerupuk itu,beliau dengan gigih nya berjuang memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri walau dia seorang difabel. dengan keterbatasanya itu beliau dengan Percaya Diri menjawab tantangan hidup. beliau tidak perlu mengharap belas kasihan orag lain, beliau malah menjadi sosok enterpreneur yang tangguh. dimana seorang normal pun belum tentu sanggup menjadi sosok ulet seperti beliau. banyak kisah yang seharusnya jadi bahan refleksi, dan motivasi. Bukan kasihani yang seharusnya ditunjukan masyarakat untuk kaum difabel,tapi motivasi dan dukungan lah untuk membuat seorang difabel percaya diri menghadapi hidup ini.seseorang yang memang diciptakan dengan satu ‘perbedaan’ oleh Sang Pencipta mungkin tidaklah membutuhkan rehabilitasi melainkan lebih membutuhkan persamaan derajat dan pengakuan dari lingkungannya.

disabilitas dan pandangan masyarakat ciungtips

Dan yang tidak kalah inspiratif adalah hadirnya ''Kartunet.com, Situs ini bukan lah situs penggemar kartun tetapi jauh lebih bermakna dari itu , dengan Tag Line '' Media Akselerasi Mewujudkan Masyarakat Inklusi'' kartunet.com berusaha menjadi wadah online bagi masyarakat untuk lebih mengenal,memahami dan menghormati seorang yang dikatakan difabel. kartunet.com sendiri adalah kependekan dari ''karya tuna netra'' , ya mereka yang tuna netra mampu membuat sebuah website, its amazing, mereka menyuarakan bahwa kaum difabel bisa berkarya lebih dari yang dibayangkan oleh orang kebanyakan.

Dunia internet yang terus berkembang dan dinamis ini tentunya adalah tempat yang tepat untuk mengubah stigma masyarakat mengenai seorang difabel, kartunet.com hadir dan menjelaskan sisi lain,hal positif mengenai isu-isu disabilitas demi terwujudnya masyarakat inklusi di indonesia ini.

Bukan saatnya lagi disabilitas mendapatkan pelayanan nomor dua di tengah masyarakat, sebagai warga negara mereka mempunyai hak yang sama dengan masyarakat lainya. Semoga Tujuan ''kartunet.com '' Untuk terwujudnya Masyarakat inklusi yang merangkul setiap pribadi individu yang unik dengan latar belakang, budaya, karakteristik dan kemampuan berbeda. Keunikan dan perbedaan setiap pribadi individu mewarnai keberagaman masyarakat kita di Indonesia'' dapat segera terwujud Amien ^_^.
silahkan kunjungi kartunet.com ^_^ untuk lebih mengenal sisi inspiratif dari sosok difabel . ciayoo ''kartunet.com '' untuk para Difabel lebih baik .. ^_^

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment