10 Manfaat Mangga Bagi Kesehatan

Bookmark and Share
Rasa mangga yang selain nikmat juga memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia!. Berikut ini akan dipaparkan tentang bagaimana buah mangga (raja buah) bisa bermanfaat bagi anda, dan juga beberapa hal-hal sepele yang menarik dan perlu anda ketahui. Manfaat buah mangga bagi kesehatan: 


Mencegah Kanker: 
Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan yang ada dalam buah mangga berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap kanker usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa antioksidan tersebut antara lain quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, gallic acid dan methylgallat, serta masih banyak enzim lainnya. 

Menurunkan Kolesterol: 
Buah mangga tinggi akan kandungan serat, pectin dan vitamin C yang membantu kita menurunkan kadar kolesterol dalam serum, khususnya lemak jahat (Low-Density Lipoprotein/LDL)

Membersihkan Kulit: 
Dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal pada kulit. Buah mangga mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan jerawat. 

Kesehatan Mata: 
Dalam Satu cangkir irisan mangga mensuplai 25 persen dari kebutuhan harian tubuh akan vitamin A, yang berfungsi meningkatkan penglihatan yang baik dan mencegah rabun senja (night blindness) dan keringnya mata. 

Menjaga keseimbangan alkali dalam tubuh: 
Dalam buah mangga terdapat Asam tartrat, asam malat, dan asam sitrat yang berfungsi membantu menjaga cadangan alkali tubuh. 

Menfaat pada kasus Diabetes
Daun mangga membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Cara pembuatan obat tradisional antara lain dengan bebeapa bahan: daun mangga di masak sampai mendidih, biarkan semalam biar meresap dan kemudian mengkonsumsi rebusan yang disaring pada pagi hari. Buah mangga juga memiliki indeks glisemik yang relatif rendah (41-60) sehingga jumlah tersebut tidak akan menambah tingkat gula darah anda. 

Peningkatan Libido: 
Buah mangga adalah sumber vitamin E. Meskipun hubungan yang bersifat umum/tidak masuk akal antara Libido (gairah seks) dan vitamin E pada awalnya diciptakan oleh kesimpulan yang salag pada hasil studi penelitian pada tikus, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa dalam jumlah yang tepat seimbang (seperti dari makanan utuh) bisa membantu meningkatkan libido. 

Memperbaiki Pencernaan: 
Pepaya bukanlah satu-satunya buah yang mengandung enzim untuk menghancurkan protein. Ada beberapa buah lain, termasuk mangga, yang memiliki kualitas yang menyehatkan. Serat yang ada dalam buah mangga juga membantu pencernaan dan eliminasi. 

Obat untuk Stroke:
Jus buah mangga hijau dyang dicampur dengan air dan pemanis bisa membantu untuk mendinginkan tubuh dan mencegah kerusakan pada tubuh. Dari sudut pandang ayurveda, alasan orang sering mengalami buang air kecil (diuretic) dan kelelahan ketika mengunjungi iklim khatulistiwa adalah karena kuatnya"energi matahari" yang membakar tubuh anda, terutama otot-otot. Hal ini mengakibatkan Ginjal mengalami kelebihan beban dengan racun akibat dari proses ini.

Meningkatkan sistem kekebalan 
Mangga merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan vitamin A, disamping itu juga ada tambahan 25 jenis karotenoid yang berbeda-beda yang bisa menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

pureit said...

Postinga yang sangat menarik, saya lebih menjaga kesehatan.
terus menulis untuk wacana anak bangsa

Post a Comment