Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Bookmark and Share
Manfaat air putih | Khasiat Air Putih bagi KeseHatan sering kali tidak disadari oleh banyak orang. Banyak orang lebih memilih minuman yang berasa manis dan mengabaikan air putih. Tubuh kita sangat memerlukan cairan. Air putih atau air mineral sudah menjadi kebutuhan pokok untuk kita. Banyak manfaat yang terkandung dalam air putih diantaranya yaitu bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Kekurangan cairan dalam tubuh sangat berbahaya. Langkah yang baik yaitu dengan cara mengkonsumsi air putih setiap hari.

Sehat itu bisa kita dapatkan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya mahal. Menurut penelitian, manusia lebih bisa bertahan tanpa makanan daripada tanpa air. Ini disebabkan 80 % dari tubuh kita terdiri dari kandungan air. setiap sistem dari tubuh manusia itu bergantung pada air. Banyak khasiat air putih yang bisa kita temui seperti halnya untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku, serta mengontrol suhu tubuh, denyut jantung, dan juga tekanan darah. Kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja anda sebanyak 22%. Jika kehilangan cairan lebih dari 7%, anda akan merasa lemah, lesu, dan pusing-pusing. Karena itu, dianjurkan untuk minum dengan cukup meski belum merasa haus.

Manfaat minum air putih bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan juga melancarkan peredaran darah di tubuh kita. Di bawah ini akan saya bahas tentang Manfaat air putih untuk kesehatan :

1.      Menyehatkan Jantung.

Penyakit jantung bisa disembuhkan dengan banyak minum air putih. Selain menyehatkan jantung air putih juga diyakini bisa menyembuhkan penyakit rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran nafas, usus, dan penyakit kewanitaan, dan lain-lain. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

2.      Sebagai obat stroke.

Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Efek panas yang ada pada air menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Kandungan ion-ion terutama kalor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

3.      Memperlancar sistem pencernaan
Minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari, akan dapat memperlancar sistem pencernaan di dalam tubuh kita sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit.
Manfaat Air Putih
Air Mineral
4.      Menurunkan Berat Badan.

Manfaat minum air putih bisa menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menurunkan berat badan bisa di atasi dengan banyak minum air putih. Minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk, berat badan kita bisa berkurang karena hal itu . Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Mau berat badan anda turun?, minum air putih saja solusinya.

5.     Untuk kesuburan

Air putih dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. kandungan zat terdapat dalam air sangat baik sekali untuk kesuburan pria dan wanita dalam menghasilkan keturunan.

Menurut basil penelitian di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.

6.      Memperlambat tumbuhnya kanker
Air putih sangat membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab terjadinya kanker dalam tubuh. Dengan banyak minum air putih juga bisa mencegah penyakit ginjal dan hati.

7.      Tubuh lebih bugar

Khasiat air putih tidak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Air putih dapat menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh. Air putih yang segar sangat baik sebagai pengganti ion-ion tubuh yang hilang saat beraktifitas sehingga tubuh menjadi segar dan bugar kembali.

8.      Perawatan kecantikan
Bagi wanita yang kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Diusahakan minum air putih 8-10 gelas per hari agar tubuh menjadi segar dan cerah.

9.      Efek Relaksasi
Relaksasi pada tubuh dengan menggunakan air sangatlah baik untuk bisa kita terapkan. Percikan air bisa dimanfaatkan untuk melakukan relaksasi. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.

Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam.

Itulah tips sehat tentang manfaat air putih yang bisa saya terapkan untuk anda. Semoga bermanfaat

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment