Tips Pola/Kebiasaan Makan Sehat

Bookmark and Share
Para ahli sepakat bahwa kunci untuk makan sehat adalah yang telah teruji berdasarkan waktu dimana terdapat antara lain dalam hal keseimbangan, variasi dan tidak berlebih-lebihan. Singkatnya, hal itu mengandung arti makan berbagai macam makanan tanpa kalori yang terlalu banyak atau terlalu banyak salah satu zat nutrisi saja. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu membantu anda untuk diet dan makan sehat disamping itu anda dapat menikmati makanan yang anda makan. 

Makan bahan makanan yang bervariasi dan kaya akan zat gizi. 

Tubuh kita membutuhkan lebih dari 40 nutrisi yang berbeda untuk kesehatan yang baik, dan tidak ada makanan tunggal (satu jenis) mengandung semua jenis nutrisi tersebut. Pilihan makanan sehari-hari yang anda konsumsi harus mencakup biji-bijian utuh sejenis gandum, nasi (padi), roti dan produk gandum lainnya, buah-buahan, sayuran, produk susu (nabati), dan daging, unggas, ikan dan makanan berprotein lainnya. Seberapa banyak Anda harus makan tergantung pada kebutuhan kalori Anda. Gunakan Piramida Panduan Makanan dan Kandungan Nutrisi yang ada di label makanan sebagai referensi. 

Berikut ini beberapa Tips Pola Makan Sehat 
  • Makanlah dengan cukup biji-bijian utuh (padi, gandum), buah-buahan dan dan sayuran.
  • Menjaga berat badan ideal anda. Berat badan yang tepat dan sehat untuk Anda tergantung pada banyak faktor termasuk, tinggi badan Anda umur, jenis kelamin, dan keturunan. Kelebihan lemak pada tubuh akan cenderung meningkatkan kesempatan Anda untuk mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya. Tapi, jika tubuh anda terlalu kurus akan dapat meningkatkan risiko untuk terjadinya osteoporosis, ketidakteraturan menstruasi dan masalah kesehatan lainnya. Jika Anda mengalami kehilangan dan penambahan berat badan secara konstan dan terus-menerus, sebaiknya anda pergi ke seorang ahli diet yang dapat membantu Anda dalam membuat dan mengembangkan kebiasaan makan yang logis untuk keberhasilan dalam manajemen berat badan. Olahraga teratur juga penting untuk menjaga berat badan yang sehat. 
  • Makansi mlah dengan porsi makan sedang. Jika Anda menjaga ukuran porsi makanan yang logis/masuk akal, hal ini akan memudahkan anda untuk makan makanan yang Anda inginkan dan tetap sehat. Apakah Anda tahu berapa porsi yang disarankan untuk daging dimasak adalah 3 ons, sama ukurannya dengan setumpuk dari kartu remi? Sepotong buah sedang adalah 1 porsi dan satu cangkir pasta sama dengan 2 porsi. Satu pint es krim berisi 4 porsi. Lihatlah panduan Piramida Makanan untuk mengetahui informasi tentang ukuran porsi yang direkomendasikan. 
  • Makan dengan pola makan yang teratur. Melewatkan jam makan (misalnya makan siang) dapat menyebabkan kelaparan yang diluar kendali, sehingga sering mengakibatkan anda makan dengan berlebihan. Bila Anda sangat lapar, hal ini juga akan menggoda anda untuk melupakan nutrisi yang baik untuk kesehatan anda. Ngemil di antara jam makan dapat membantu mengekang rasa lapar, tapi jangan terlalu banyak ngemil sehingga mengakibatkan ngemil menjadi seluruh makanan anda dan lupa makan sehat yang dianjurkan. 
  • Kurangi, jangan menghilangkan makanan tertentu. Kebanyakan orang makan demi kesenangan serta gizi. Jika makanan favorit Anda tinggi lemak, garam atau gula, kuncinya adalah mengatur berapa banyak dari makanan yang Anda makan dan seberapa sering Anda memakannya. Mengidentifikasi sumber utama dari kandungan bahan makanan tersebut dalam diet anda dan buatlah perubahan, jika perlu. Orang dewasa yang makan daging dengan tinggi lemak atau produk susu murni pada setiap kali makan maka berkemungkinan bahwa orang dewasa tersebut makan terlalu banyak lemak. Gunakan panduan Fakta Gizi pada label makanan untuk membantu menyeimbangkan pilihan Anda. Memilih susu skim atau produk susu rendah lemak dan sedikit daging seperti steak daging sapi sehingga dapat mengurangi asupan lemak secara signifikan. Jika Anda menyukai ayam goreng, namun anda tidak diperbolehkan memakannya dalam jumlah lebih. Maka, anda Cukup makan ayam goreng tapi jangan terlalu sering. Ketika makan di luar, berbagi makanan yang mengandung banyak lemaj kepada teman anda mungkin bisa membantu mengurangi konsumsi lemak yang anda makan. 
  • Seimbangkan pilihan makanan yang anda makan dari waktu ke waktu. Tidak setiap makanan yang anda makan harus "sempurna." Ketika anda makan makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilihlah makanan lain yang rendah akan kandungan bahan tersebut. Jika anda melewatkan salah satu dari kandungan nutrisi suatu bahan makanan yang anda perlukan pada setiap harinya, makanlah makanan yang terlewatkan tersebut pada kesempatan berikutnya. Makanan yang anda pilih dalam beberapa hari sebaiknya harus sesuai dengan pola makan sehat 
  • Tahu perangkap diet Anda. Untuk meningkatkan kebiasaan makan Anda, pertama Anda harus tahu apa yang salah dengan diet anda. Tuliskan apapun yang Anda makan selama tiga hari. Lalu periksa daftar Anda apakah sudah sesuai dengan tips ini. Apakah Anda menambahkan banyak mentega, krim saus atau kuah salad? Daripada menghilangkan makanan ini, anda hanya perlu mengurangi porsinya saja. Apakah Anda mendapatkan cukup buah-buahan dan sayuran? Jika tidak, Anda mungkin akan kehilangan beberapa nutrisi penting yang bisa anda peroleh dari buah-buahan dan sayuran itu. 
  • Lakukan perubahan secara bertahap. Sama seperti tidak ada "Superfoods" atau jawaban mudah untuk diet sehat, jangan berharap untuk merubah secara total kebiasaan makan Anda dalam semalam. Mengubah terlalu banyak, terlalu cepat bisa menjadi dan mendapatkan jalan kesuksesan. Mulailah untuk memperbaiki kelebihan atau defisiensi/kekurangan dengan perubahan sederhana yang dapat berdampak positif, dan menjadi kebiasaan makan sehat seumur hidup. 
  • Ingatlah, makanan tidaklah selalu berarti baik atau buruk. Pilihlah makanan yang berdasarkan pada pola makan total anda, dan bukan karena apakah makanan individu itu "baik" atau "buruk." Jangan merasa bersalah jika Anda menyukai makanan seperti pie apel, keripik kentang, permen atau es krim. Makanlah makanan tersebut dalam porsi sedang, dan pilih juga makanan lain untuk memberikan keseimbangan dan variasi yang vipenting bagi kesehatan yang baik

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment