Makanan Penyebab Bau Badan

Bookmark and Share
Sadarkah kita bila sering mengkonsumsi makanan penyebab bau badan? Secara umum, penyebab bau badan adalah karena keringat yang keluar dari dalam tubuh. Tetapi disamping itu, masih ada banyak hal yang memungkinkan akan menyebabkan bau badan tidak sedap. Menjadi permasalahan khususnya kaum wanita karena bau badan yang tidak sedap akan mengurangi rasa percaya diri.

Beberapa hal yang bisa berkaitan dengan bau badan antara lain adalah:
  • Jenis kelamin
  • Diet dan makanan
  • Pekerjaan
  • Genetika
  • Obat-obatan
  • Dan suasana hati (tingkat stres)
Banyak yang secara simple menghilangkan bau badan dengan deodorant. Ini cukup efektif, tetapi pada sebagian ahli kecantikan berpendapat bahwa menggunakan deodorant sebagai untuk menghilangkan bau badan dalam jangka waktu lama akan mempunyai efek tidak baik. Dan sebagian lainnya, lebih memilih menghilangkan bau badan dengan cara alami. Salah satu caranya adalah dengan pola diet, asupan makanan yang dikonsumsi. Karena penyebab bau badan salah satunya adalah faktor makanan, penting rasanya untuk mengetahuinya.

Makanan penyebab bau badan

Beberapa makanan yang harus dikurangi dan dihindari untuk menghilangkan bau badan antara lain adalah:

1. Daging
Dalam proses pencernaan, daging cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Pada saat sebagian daging yang dikonsumsi itu tidak berhasil dicerna dengan baik, maka pencernaan akan melepaskan gas yang berbau busk (kurang sedap) dan menjadi penyebab keringat berbau. Sebuah penelitian mengungkapkan, wanita lebih memilih pria yang sedikit atau tidak sama sekali mengkonsumsi daging, karena akan memiliki bau badan yang lebih enak dibandingkan dengan pria yang banyak mengkonsumsi daging.

2. Rempah-rempah dengan aroma kuat
Ada beberapa bahan makanan, rempah-rempah yang biasa untuk bumbu dapur bararoma sangat kuat, seperti misalnya bawang putih, merah dan kari . Bumbu dapur jenis ini dalam pencernaan akan menghasilkan gas sulfur yang akan diserap dalam darah dan keluar melalui pori-pori kulit atau melalui keringat. Dan rempah dengan aroma kuat ini menjadi salah satu penyebab bau badan tidak sedap.

3. Minuman beralkohol dan mengandung kafein
Pada sebagian besar orang, ada yang mengkonsumsi minuman beralkohol. Dan juga banyak yang mengandung kafein seperti kopi, soda, coklat, teh dan lainnya, dan sudah menjadi kebiasaan setiap harinya. Akan tetapi kedua zat tersebut juga menjadi penyebab bau badan, jadi bila anda ingin mengurangi atau menghilangkan bau badan yang tidak sedap, hilangkan atau kurangi juga minuman-minuman tersebut.

4. Jenis goreng-gorengan
Minyak yang terdapat dalam gorengan, akan menjadi tengik dalam beberapa waktu. Dan terlalu banyak mengkonsumsi minyak akan buruk untuk proses pencernaan sekaligus juga menjadi penyebab bau badan yang tidak sedap.

6. Makanan dari produk susu
Susu kaya akan protein, dan bagus untuk kesehatan. Tetapi ketika konsumsi susu dan produk dengan bahan dasar susu berlebihan, dalam pencernaan akan menimbulkan zat yang akan menjadi pemicu bau badan yang tidak sedap.

7. Makanan dengan karbohidrat rendah
Biasanya, pada pola diet selalu disarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat dalam makanan sehari-hari. Pada saat asupan karbohidrat berkurang, sebagai gantinya adalah protein berlebih. Dan seperti halnya susu, berlebihnya protein dalam pencernaan ini akan menjadi penyebab bau badan.

8. Kebiasaan merokok
Kebiasaan yang satu ini memang sangat merugikan kesehatan dan juga jelas sangat memicu bau badan yang tidak sedap. Bahkan, bila anda mempunyai kebiasaan ini, dan memutuskan untuk berhenti, bau badan tidak sedap khas sebagai seorang perokok masih akan tetap tinggal dalam tubuh anda selama berminggu-minggu lamanya. Jadi bila ingin mengurangi atau menghilangkan bau badan, hilangkan segera kebiasaan buruk yang ini juga.

9. Makanan siap saji
Sudah bukan rahasia lagi, bagaimanapun juga makanan siap saji dan instan tidak baik untuk kesehatan, pencernaan dan juga menjadi penyebab bau badan tidak sedap. Dalam makanan siap saji, akan banyak mengandung berbagai zat seperti berlebihan garam atau gula, minyak terhidrogenisasi dan lainnya. Dan ini akan akan membusuk secara tidak natural dalam pencernaan, akibatnya timbul bau mulut dan bau badan yang keluar dari dalam tubuh.

10. Makanan yang banyak mengandung kolin
Kolin banyak terkandung dalam jenis makanan seperti ikan, hati, kacang-kacangan dan telur. Pada beberapa orang proses pencernaannya tidak bisa dengan mudah mencerna makanan  yang banyak mengandung kolin ini. Dan ini menyebabkan bau badan yang keluar bersama keringat menjadi seperti bau ikan yang amis.

Selain faktor makanan penyebab bau badan di atas, pada sebagian kecil orang mempunyai kelainan yang disebut dengan trimethylaminuria. Pada kelainan ini, sistem tubuh tidak bisa memecah asam amino dan trimetilamin dan sebagai akibatnya adalah bau badan yang tidak sedap. Jadi untuk mengurangi resiko ini, kurangi makanan yang banyak mengandung asam amino seperti seafood, telur, hati, minyak ikan, susu sapi, produk kedelai, brokoli dan kacang-kacangan.

Ternyata banyak makanan yang bisa jadi pemicu bau badan tersebut. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena selain harus mengurangi jenis-jenis makanan penyebab bau badan tersebut, anda juga bisa mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat. Banyak minum air putih, banyak mengkonsumsi makanan berserat dan juga beberapa buah-buahan yang rendah kolin. Untuk jenis buah yang tidak banyak mengandung kolin, anda punya pilihan antara lain buah jeruk, apel, strawberry, tomat, anggur, semangka, nanas dan juga pisang. Itulah diantaranya makanan penyebab bau badan tidak sedap, semoga membantu.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment