Pengertian, Jenis Apioid dan Pengobatannya

Bookmark and Share
Apakah Opioid itu?.Opioid terdiri dari suku kata oh-pee-oyds adalah sejenis obat-obat yang sering digunakan untuk mengontrol, mengendalikan atau menghilangkan rasa nyeri. Anda atau siapapun dapat menjadi teradiksi atau kecanduan dengan opioid, terutama jika mereka menggunakan/memakai opioid bukan atas resep atau rekomendasi dokter atau jika mereka atau anda mengkonsumsinya secara ilegal dan tidak sesuai dengan aturan yang terdapat pada brosur obat.

Apa itu adiksi atau kecanduan?. Adiksi adalah suatu penyakit yang menyerang atau mempengaruhi otak anda sehingga mempengaruhi otak dengan cara tertentu dan berakibat pada tingkah laku/perilaku anda. Anda atau kita semua mempunyai suatu kontrol atau kendali untuk memilih memakai obat jenis opioid, akan tetapi sekali anda memulainya, efek atau pengaruh yang menyenangkan dari obat jenis opioid mempengaruhi otak dan membuat anda ingin dan terus ingin menggunakannya lagi lagi dan lagi. Lama-kelamaan menggunakan obat opioid, didalam otak kita sebenarnya terjadi perubahan-perubahan dengan cara-cara tertentu sehingga timbul suatu keinginan kuat yang mengontrol perilaku/behavior anda untuk menggunakan obat-obat yang bersifat adiksi itu.

Obat-obat yang termasuk dalam golongan opioid antara lain:
  • Opium
  • Codeine
  • Heroin
  • Fentanyl
  • Hydrocodone
  • Morphine
  • Methadone
  • Oxycodone
  • Sufentanil
  • Paregoric
Apa yang dapat anda (pecandu) lakukan jika anda kecanduan opioid?
Langkah awal dalam memutus adiksi adalah menyadari bahwa anda sendirilah yang mempunyai kontrol kendali terhadap perilaku yang anda kerjakan, termasuk tindakan anda dalam meminum obat-obat jenis opioid. Langkah-langkah berikut akan membantu anda dalam melawan kecanduan/adiksi yang anda derita:
  1. Berkomitemen untuk berhenti. Pegang kendali perilaku anda dan berkomitmen untuk melawan kecanduan yang anda alami.
  2. Dapatkan bantaun medis dengan berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat menjadi pendukung terbesar bagi anda untuk melawan adiksi, bahkan jika anda ingin mencoba berhenti memakai obat-obat sejenis yang diberikan dokter kepada anda. Dokter mungkin juga dapat memberikan resep obat-obatan yang akan dapat membantu anda mempermudah untuk meminta obat-obatan yang dapat berefek ketagihan/adiksi. Konsultasikan dengan dokter atau seorang konsultan tentang masalah-masalah anda dan obat-obat yang anda gunakan, hal ini dapat sangat membantu juga.
  3. Dapatkan dukungan dan bantuan. Hubungi organisasi-organisai baik itu organisai pemerintah atau organisasi lembaga swadaya masyarakat atau lsm yang berhubungan dengan penyalahgunaan obat dan kecanduan. Beberapa lsm yang beregerak dalam bidang tersebut misalnya: Yayasan Kelompok Peduli Penyalahgunaan Narkotika dan Obat Terlarang (YKP2N), Badan Koordinasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (BNN) dan lain-lain. Mereka dapat memberikan kepada anda dukungan dan semua informasi terkait serta perangkat dalam melawan kecanduan dan penyalahgunaan obat dan mungkin juga termasuk pengobatannya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment