Cara Mengobati Mimisan

Bookmark and Share
Bagaimana cara mengobati mimisan? Epistaksis atau hidung berdarah dan biasa umumnya kita sebut dengan mimisan adalah keluarnya darah dari lubang hidung akibat adanya pendarahan pada hidung. Penyebab mimisan bisa karena beberapa hal, bisa disebabkan karena benturan keras pada hidung. Atau kebiasaan memasukkan jari ke lubang hidung, mengoreknya dengan keras, ini menyebabkan luka. Bisa juga karena peradangan pada daerah hidung dan sinusitis.

Selain itu, mimisan juga bisa disebabkan karena adanya penyakit lain seperti adanya tumor di hidung, hipertensi, cikungunya, demam berdarah. Penyebab mimisan juga bisa karena adanya penyakit kelainan pada darah, misalnya leukemia dan hemofila.
Cara Mengobati Mimisan
Cara mengobati mimisan dan menghentikan darah yang keluar dari hidung adalah dengan membekukan darah yang keluar. Pada saat terjadi mimisan sebaiknya jangan dalam posisi tidur, tetapi duduk dengan kepala sedikit menunduk atau dimiringkan ke depan. Hal ini untuk mencegah darah mengalir ke dalam tenggorokkan. Pencet hidung (jangan terlalu keras) dengan ibu jari dan telunjuk, dan tahan kira-kira tiga sampai lima menit. Pada saat hidung dipencet tersebut kita bisa bernafas dengan menggunakan mulut. Biasanya, cara mengobati mimisan ini akan berhasil untuk pendarahan yang ringan. Kemudian kita juga bisa mengompres hidung dengan air es.

Atau ada lagi cara mengobati mimisan secara tradisional yaitu dengan daun sirih. Pada saat mimisan terjadi, usahakan posisi tetap dengan kepala miring ke depan. Kemudian remas selembar daun sirih yang masih hijau dan gulung. Gulungan daun sirih ini di sumbatkan ke lubang hidung. Biasanya dengan cara ini, mimisan juga akan cepat berhenti.

Ada beberapa orang tiba-tiba mimisan tanpa sebab yang jelas. Dan semoga saja cara mengobati mimisan ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment