Salah letak dan Patah Tulang Belakang

Bookmark and Share
Patah Tulang belakang merupakan bagian tulang penyangga tubuh utama yang didalamnya juga terdapat bermacam-macam simpul syaraf dan apabila bagian syaraf tulagn belakang ini terjadi gangguan seperti karena trauma sehingga menyebabkan patah tulang maka akan mengganggu kinerja sistem syaraf pusat dan bisa terjadi kelumpuhan. 

Pada bab ini kita akan membahas tentang gejala-gejala patah tulang pada tulang belakang yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda dalam mendeteksi adanya gangguan-gangguan pada tulang belakang. Suatu contoh kasus adalah patah tulang yang diakibatkan karena jatuh dari ketinggian dan penderita tidak mengenakan pengamana apapun, maka biasanya bagian tulangbelakang yang paling bereesiko mengalami cedera hingga patah tulang adalah vertebra cervikal (tulang belakang bagian servik) 

Tanda-tanda dan gejala apabila terjadi gangguan cedera/patah tulang pada vertebra servikal anta lain: 
  • Trauma hebat pada daerah tulang belakang 
  • Rasa nyeri hebat pada daerah tulang belakang 
  • Apabila jerjadi patah tulang (fraktur) dan atau kesalahan letak (dislokasi) pada tulang belakang (vertebra),maka dapat terjadi gangguan pada syaraf otonom hebat dan biasanya sembuhnya tidak dapat sempurna atau lengkap, misalnya: penderita tidak dapat defekasi atau buang air besar dan tidak dapat mixtie (buang air kecil) 
  • Terjadi gangguan syaraf otonom yang bersifat sementara 
  • Terjadi kelumpuhan sebagain atau seluruh anggota tubuh akibat kerusakan pada medula spinalis. 
Beberapa kelainan syaraf yang terjadi akibat patah tulang belakang antara lain: Bila bagian yang cedera adalah vertebra bagian torak dan lumbal : Paraplegia inferior / Paraparese Inferior. Bila patah tulang atau cedera terjadi pada vertebra vertical: Tetra plegia / Tetra Parese. 
 
Pengobatan 
  • Pada patah tulang kompresi, maka tindakan yang bisa dilakukan adalah penderita harus istirahat total (bed rest Total), 
  • Melakukan mobilisasi dengan memperhatikan prinsip bahwa tulang belakang tidak bergerak. 
  • Tindakan operasi dengan fiksasi terbuka menggunakan implant agar tulang belakang tidak bergerak 
  • Melakukan reparasi tulang belakang dengan reparasi tertutup menggunakan Gips

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment