Cara Membuat Rainbow Cake Kukus | Kue Basah

Bookmark and Share
Variasi untuk cara membuat Rainbow Cake kukus, alternatif bagi anda untuk membuat kue pelangi ini tanpa dioven. Kalau pada cara membuat Rainbow Cake sebelumnya harus menggunakan oven, bukan berarti bagi anda yang tidak mempunyai oven harus mengurungkan niat untuk mencobanya. Untuk Resep Rainbow Cake kali ini, pada prinsipnya masih sama seperti pada cara oven tetapi ada sedikit perbedaan. Berikut ini bahan dan cara membuat Rainbow Cake kukus selengkapnya.

Bahan Rainbow Cake Kukus

Cara Membuat Rainbow Cake Kukus
* Tepung terigu 200 gr
* Telur 8 butir
* Minyak goreng 300 ml
* Gula pasir 300 gr
* Vanili bubuk 1/2 sendok teh
* Garam 1/2 sendok teh
* Emulsifier 1 sendok teh.

Emulsifier ini bisa didapatkan di toko penjual bahan untuk kue, bermanfaat untuk membuat adonan menjadi mengembang dan tidak bantat. Juga menghemat waktu karena semua adonan bisa kita masukkan bersamaan ketika harus mencampurnya, jadi tidak harus step by step dan bertahap ketika membuat campuran adonan.

Cara Membuat Rainbow Cake Kukus

1. Kocok dengan mixer, telur dengan gula pasir, setelah halus dan rata kemudian masukkan garam, vanili bubuk dan emulsifier.
2. Pisahkan sedikit dari adonan ini, kemudian campurkan dengan minyak.
3. Kemudian masukkan tepung terigu, aduk sampai rata dan masukan adonan yang sudah dicampur dengan minyak tadi.
4. Pisahkan adonan tadi sesuai nanti warna yang diinginkan dan beri pewarna makanan. Untuk pewarnanya kita bisa lihat di artikel: pewarna makanan alami.
5. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti dan olesi dengan tipis memakai mentega.
6. Tuang adonan yang sudah diberi warna ke dalam loyang dan kukus kira-kira selama 20 menit.
7. Setelah semua adonan matang semua, kita bisa memulai untuk menyusunnya. Misalnya warna merah, atasnya beri lapisan buttercream, selanjutnya warna lain dan seterusnya sampai selesai.
8. Kemudian sisa buttercream kita oleskan ke seluruh permukaan lapisan, dan selesai.

Untuk membuat buttercream, kita bisa lihat di buttercream untuk rainbow cake. Selamat mencoba, semoga tips dan cara membuat Rainbow Cake kukus ini bisa menjadi referensi.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment